Welcome to Abdul Malik Ikhsan's Blog

Misteri Bulan terbelah

Posted in Agama by samsonasik on February 23, 2007

source : http://www.efendihassan.com/?p=148

Nota : Diterjemahkan oleh: Abu Muhammad ibn Shadiq“Sungguh telah dekat hari qiamat, dan bulan pun telah terbelah” – (Al-Quranul Karim. Al-Qamar: 1)

Dalam temu wicara di televisi bersama pakar Geologi Muslim,Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar, salah seorang warga Inggris mengajukan pertanyaan kepadanya, apakah ayat dari surat Al-Qamar di atas memiliki kandungan mukjizat secara ilmiah?

Maka Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar menjawabnya sebagai berikut:

Tentang ayat ini,saya akan menceritakan sebuah kisah. Sejak beberapa waktu lalu, saya mempresentasikan di Univiversiti Cardif, Inggris bahagian barat,dan para peserta yang hadir bermacam-macam, ada yang muslim dan ada juga yang bukan muslim.Salah satu tema diskusi waktu itu adalah seputar mukjizat ilmiah dari Al-Qur’an.

Salah seorang pemuda yang beragama muslim pun berdiri dan bertanya, “Wahai Tuan, apakah menurut anda ayat yang berbunyi “Telah dekat hari qiamat dan bulan pun telah terbelah” mengandung mukjizat secara ilmiah?Maka saya menjawabnya: “Tidak, sebab kehebatan ilmiah dapat diterangkan oleh ilmu pengetahuan, sedangkan mukjizat tidak bisa diterangkan ilmu pengetahuan, sebab ia tidak bisa menjangkaunya. Dan tentang terbelahnya bulan, maka itu adalah mukjizat yang terjadi pada Rasul terakhir Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam sebagai pembenaran atas kenabian dan kerasulannya, sebagaimana nabi-nabi sebelumnya.Dan mukjizat yang kelihatan, maka itu disaksikan dan dibenarkan oleh setiap orang yang melihatnya. Andai hal itu tidak termaktub di dalam kitab Allah dan hadits-hadits Rasulullah SAW, maka tentulah kami para muslimin di zaman ini tidak akan mengimani hal itu. Akan tetapi hal itu memang benar termaktub di dalam Al-Qur’an dan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wassalam. Dan memang Allah ta’alaa benar-benar Maha berkuasa atas segala sesuatu”.

Maka Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar pun mengutip sebuah kisah Rasulullah SAW membelah bulan. Kisah itu adalah di masa sebelum hijrah dari Mekah Al-Mukarramah ke Madinah.

Orang-orang musyrik berkata, “Wahai Muhammad,kalau engkau benar Nabi dan Rasul, coba tunjukkan kepada kami satu kehebatan yang bisa membuktikan kenabian dan kerasulanmu (mengejek dan mengolok-olok)?”

Rasulullah bertanya,”Apa yang kalian inginkan?”

Mereka menjawab: “Coba belahlah bulan …”

Maka Rasulullah SAW pun berdiri dan terdiam, lalu berdoa kepada Allah SWT agar menolongnya.Maka Allah SWT memberitahu Muhammad SAW agar mengarahkan telunjuknya ke bulan.

Rasulullah pun mengarahkan telunjuknya ke bulan, dan terbelahlah bulan itu dengan sebenar-benarnya. Maka serta-merta orang-orang musyrik pun berujar,”Muhammad, engkau benar-benar telah menyihir kami!”.

Akan tetapi para ahli mengatakan bahwa sihir, memang benar bisa saja “menyihir” orang yang ada disampingnya akan tetapi tidak bisa menyihir orang yang tidak ada ditempat itu. Mereka lantas menunggu-nunggu orang-orang yang akan pulang dari perjalanan. Orang-orang Quraisy pun bergegas menuju keluar batas kota Mekkah menanti orang yang baru pulang dari perjalanan. Dan ketika datang rombongan yang pertama kali dari perjalanan menuju Mekkah, maka orang-orang musyrik pun bertanya,

“Apakah kalian melihat sesuatu yang aneh dengan bulan?”.

Mereka menjawab,”Ya,benar. Pada suatu malam yang lalu kami melihat bulan telah belah menjadi dua dan saling menjauh masing-masingnya kemudian bersatu kembali…!!!”.

Maka sebagian mereka pun beriman, dan sebagian lainnya lagi tetap kafir (ingkar).Oleh karena itu, Allah menurunkan ayat-Nya: “Sungguh,telah dekat hari qiamat, dan telah terbelah bulan, dan ketika melihat tanda-tanda kebesaran Kami, merekapun ingkar lagi berpaling seraya berkata, “Ini adalah sihir yang terus-menerus”, dan mereka mendustakannya,bahkan mengikuti hawa nafsu mereka. Dan setiap urusan benar-benar telah tetap …..” sampai akhir surat Al-Qamar.

“Ini adalah kisah nyata”, demikian kata Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar.

Setelah selesainya Prof. Dr. Zaghlul menyampaikan hadits nabi tersebut, berdirilah seorang muslim warga Inggris dan memperkenalkan diri seraya berkata, “Aku Daud Musa Pitkhok, ketua Al-Hizb Al-Islamy Inggris.Wahai tuan, bolehkah aku menambahkan?”

Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar menjawab:”Dipersilahkan dengan senang hati.”
Daud Musa Pitkhok berkata, “Aku pernah meneliti agama-agama (sebelum menjadi muslim), maka salah seorang mahasiswa muslim menunjukiku sebuah terjemah makna-makna Al-Qur’an yang mulia. Maka, aku pun berterima kasih kepadanya dan aku membawa terjemah itu pulang ke rumah. Dan ketika aku membuka-buka terjemahan Al-Qur’an itu di rumah, maka surat yang pertama aku buka ternyata Al-Qamar. Dan aku pun membacanya:

“Telah dekat hari qiamat dan bulan pun telah terbelah…….”

Maka aku pun bergumam: Apakah kalimat ini masuk akal?? Apakah mungkin bulan bisa terbelah kemudian bersatu kembali?? Andai benar, kekuatan macam apa yang bisa melakukan hal itu??? Maka, aku pun menghentikan dari membaca ayat-ayat selanjutnya dan aku menyibukkan diri dengan urusan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi Allah-lah Yang Maha Tahu tentang tingkat keikhlasan hamba-Nya dalam pencarian kebenaran.

Maka aku pun suatu hari duduk di depan televisi Inggris. Saat itu ada sebuah diskusi hangat antara presenter seorang Inggris dan 3 orang pakar ruang angkasa AS. Ketiga pakar antariksa tersebut pun ceritakan tentang dana yang begitu besar dalam rangka melakukan perjalanan ke
antariksa.Dan diantara diskusi tersebut adalah tentang turunnya astronot menjejakkan kakiknya di bulan, dimana perjalanan antariksa ke bulan tersebut telah menghabiskan dana tidak kurang dari 100 juta dollar.

Mendengar hal itu, presenter terperangah kaget dan berkata,”Kebodohan macam apalagi ini, dana begitu besar dibuang oleh AS hanya untuk bisa mendarat di bulan?”

Mereka pun menjawab, “Tidak, ..!!! Tujuannya tidak semata menancapkan ilmu pengetahuan AS di bulan, akan tetapi kami mempelajari kandungan yang ada di dalam bulan itu sendiri,maka kami pun telah mendapat hakikat tentang bulan itu, yang jika kita berikan dana lebih dari 100 juta dollar untuk kesenangan manusia, maka kami tidak akan memberikan dana itu kepada siapapun”.

Maka presenter itu pun bertanya, “Hakikat apa yang kalian telah capai sehingga demikian mahal taruhannya?”

Mereka menjawab, “Ternyata bulan pernah mengalami pembelahan di suatu hari dahulu kala, kemudian menyatu kembali.!!!”

Presenter pun bertanya, “Bagaimana kalian bisa yakin akan hal itu?”

Mereka menjawab, “Kami mendapati secara pasti dari batuan-batuan yang terpisah terpotong di permukaan bulan sampai di dalam (perut) bulan. Maka kami pun meminta para pakar geologi untuk menelitinya, dan mereka mengatakan, “Hal ini tidak mungkin telah terjadi kecuali jika memang bulan pernah terbelah lalu bersatu kembali”.

Mendengar paparan itu, ketua Al-Hizb Al-Islamy Inggris mengatakan,”Maka aku pun turun dari kursi dan berkata, “Mukjizat (kehebatan) benar-benar telah terjadi pada diri Muhammad sallallahu alaihi wassallam 1400-an tahun ang lalu. Allah benar-benar telah mengolok-olok AS untuk mengeluarkan dana yang begitu besar, 100 juta dollar lebih, hanya untuk menetapkan akan kebenaran muslimin !!!!”.Maka, agama Islam ini tidak mungkin salah … (aku pun bergumam),”Maka,aku pun membuka kembali Mushhaf Al-Qur’an dan aku baca surat Al-Qamar,dan… saat itu adalah awal aku menerima dan masuk Islam.

About these ads

28 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. mhjamal said, on February 23, 2007 at 3:30 am

    Subhanallah. Memang bagus sekali artikel saudara ini. Mengukuhkan lagi keimananku.

  2. tya said, on November 26, 2007 at 5:07 am

    artikel nya bagus..
    ciiip…bwangedt… :-)

  3. febri said, on November 28, 2007 at 1:07 am

    SUBHANALLAH…. MAHA SUCI ALLAH

  4. adi said, on July 17, 2008 at 7:58 am

    bukan cuma terbelahnya bulan, tetapi fakta penciptaan alam semesta, ilmu embriologi, ilmu anatomi, dll, tidak ada yang bertentangan

  5. M. Harisman said, on August 25, 2008 at 8:54 am

    1. Photo pada artikel “Bulan terbelah” adalah benar (tanpa modifikasi) bersumber dari NASA, tetapi narasi kesimpulan terhadap ‘rille’ yang di photo tidak bersumber dari NASA.

    2. Pengambilan kesimpulan bukti “bulan terbelah” hanya berdasarkan satu atau beberapa photo rille adalah sangat dangkal, dan hanya memberikan/menghasilkan bahan olok-olokan dari pihak non-muslim. Apakah ini karena sedemikian tertinggalnya Ilmuwan-ilmuwan Muslim di zaman sekarang ini??

    3. Kutipan dari Sumber Web Asli, yang membahas secara lengkap kronologis berita temu wicara di televisi (televise mana, disiarkan kapan, apakah ada arsipnya, …) bersama pakar Geologi Muslim, Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar, tidak berhasil saya ditemukan di Internet.

    4. Tambahan informasi dari Daud Musa Pitkhok (??) ketua Al-Hizb Al-Islamy Inggris (??) bahwa pernah menonton di televisi Inggris (BBC) mengenai diskusi dengan kesimpulan “Ternyata bulan pernah mengalami pembelahan di suatu hari dahulu kala, kemudian menyatu kembali!”, hanya dapat saya temukan versi bahasa Indonesianya. Berbagai search keyword yang serupa dalam bahasa Inggris tidak menghasilkan link.

    5. Sebagai Muslim, tidak ada keraguan akan hadits shahih yang menerangkan terbelahnya bulan oleh Rasulullah. Tetapi iman/percaya akan mukjizat ini, tidak ada relevansinya dengan harus mempercayai artikel bukti terbelahnya bulan hanya berdasarkan photo Rille dari NASA. Pembuktian Ilmu harus secara kaidah Ilmiah, dan harus di acknowledge oleh beberapa Ilmuwan lainnya. Ilmuwan NASA belum pernah menyimpulkan semacam ini, dan juga belum ada Ilmuwan Muslim yang (secara shahih) menyimpulkan hal semacam itu.

    6. Mukjizat nabi tidak perlu dukungan pembuktian Ilmiah. Kalau memang akan dilakukan, menyandarkan suatu pembuktian Ilmiah kepada Mukjizat hanya boleh jika benar-benar pembuktian ilmiah tersebut disepakati oleh semua pihak seperti jelasnya perbedaan warna hitam dan putih. Dalam dunia Ilmiah hal ini sudah dikategorikan sebagai Hukum (Hukum Gravitasi, Hukum Kekekalan Energi, …). Bagaimana kuatnya pun suatu teori (semisal Teori Relativitas Einstein), belum bisa diakomodir untuk suatu pembenaran Mukjizat.

    7. Mungkin perlu direnungkan secara mendalam:
    “jika Allah berkehendak memperlihatkan secara hitam putih suatu kebenaran, maka adalah sangat mudah bagi-Nya untuk melakukannya dan tidak ada sesuatupun yang dapat menghalanginya”. Tetapi, manusia diciptakan bukan untuk hal sesederhana itu – hanya untuk melihat kebenaran hitam putih (mukjizat/keajaiban yang sangat nyata) tanpa perlu proses pencarian, fikr, dan kemudian berserah diri. Manusia diberikan kemampuan akal dan kalbu yang sangat powerful, dimana dengan bekal itu kita ditugaskan untuk menggali dan mendapatkan kebenaran itu dari dasarnya, tentunya dengan tuntunan utama Al-Qur’an.
    _________________________________

    Akhirul Kalam

    Keajaiban / mukjizat terpampang setiap hari dihadapan kita, baik disadari ataupun tidak, tetapi berapa banyak orang yang melihat/mengalami mukjizat tersebut yang menjadi beriman tanpa rahmat dari Allah?

    Pada saat Nabi secara kasat mata memperlihatkan Mukjizat yang dikaruniakan kepada beliau, seperti bulan terbelah, Israj Mi’raj, dll. (ada ratusan mukjizat yang dirangkumkan dari hadits shahih, yang secara lengkap dapat dilihat pada buku yang banyak tersedia di TB. Muslim, seperti TB. WaliSongo, dll), berapa banyak yang menjadi beriman dengan hal tersebut? Terkadang, malah mukjizat tersebut menjadi cobaan dan tidak menjadi peneguh.

    Mari kita berkonsentrasi mempermantap Aqidah dan menebalkan Iman, utamanya di bulan Ramadhan 1429H ini, dengan melakukan satu step langkah maju, mulai melakukan tadabbur Al-Qur’an – mempelajari isi Al-Qur’an. Boleh jadi dengan ilmu yang terus bertambah, suatu saat mata bathin kita terbuka sehingga dapat melihat secara jelas hakikat yang mungkin masih belum terlihat oleh kita di saat ini.

    Wallahu’alam bisshawab.

  6. samsonasik said, on August 25, 2008 at 9:25 am

    Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar, tidak berhasil saya ditemukan di Internet.

    coba lihat di
    1. http://www.youtube.com/watch?v=lH9AzXHrxQE
    2. http://www.muslimtents.com/muslimguide/Science1.htm
    3. atau cari di http://www.google.co.id dengan mengetik Zaghloul Al-Najjar moon

  7. Rizky said, on September 6, 2008 at 1:00 pm

    blog ini menarik lho… coba di share aja di situs social bookmarking ini>>> http://www.lintasberita.com mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini.. ok deyh.. keep up the great job ok.. thanks..

    hey.. baca doa harian di bulan ramadhan ini yah >> cek disini aja>> http://www.lintasberita.com/Sains/Doa_Harian_di_Bulan_Ramadhan/

  8. ahmad azhari said, on May 26, 2009 at 10:46 pm

    mantabvbbbbbbbbbb.,.,.,.,.,.,

    teruz kan cuy temukan kebenaran.,.,.

  9. unknown said, on May 28, 2009 at 5:27 pm

    ngapusiiii

  10. samsonasik said, on May 29, 2009 at 1:14 pm

    mas unknown boleh ga percaya, tapi sebutkan alasannya ya, jadi ga asal ada tulisannya.

  11. NICOLAS ILLAN said, on May 29, 2009 at 2:42 pm

    Sbgai manusia yg beriman mk qt wajib mengimani segala kebenaran yg datang dr Allah SWT, wlau diluar batas logika. Krn kuasa Allah tidak dpt diukur dg akal manusia yg terbatas….

    “Laa hawlaa wala quwata illaa billaahil aliyyul ‘adziim”…

    “…brg siapa mengingkari, sesungguhnya azab ALLAH sangatlah pedih”.

  12. yoga agus wibowo said, on June 17, 2009 at 10:44 am

    memang benar adanya mujizat itu,tapi knp manusia tidak menyadari akan kebesaran Allah SWT,dan mereka malahan menjauh dari kebenaran.

  13. tasya said, on August 13, 2009 at 2:04 am

    WAW …………….
    sudah terbukti kekuatan nabi Muhammad berasal dari keajaiban ALLAH makasih wat para ilmuwan yang membuktikan itu semua

    mudah2an say lebih mengerti lagi akan mukjizat dari ALLAH

  14. vivi imoet said, on August 24, 2009 at 2:03 am

    SUBHANALLAH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!memang benar????????asih percaya-percaya aja…….tapi……………….kalau nggak ada gambarnya sih.. aq kurang percaya.tolong dong kasih tau gambar nya oke!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. samsonasik said, on August 24, 2009 at 5:11 am

    ini saya copy link image dari blog tetangga :

  16. mandom said, on September 27, 2009 at 9:18 am

    al qur’an is the best ensicklopedi……………………

  17. Blegug said, on October 3, 2009 at 3:14 pm

    Klau sy lihat itu tdk lebih dari sungai kering

  18. Printo said, on October 4, 2009 at 1:53 am

    Subhanallah, Alhamdulillah

    • kuyubi said, on November 27, 2009 at 12:46 am

      wow subhanallah

  19. mfiqri said, on March 1, 2010 at 4:08 am

    Weewww..

  20. fajar said, on March 1, 2010 at 11:03 am

    subhanallah….

    artikel yg sangat menakjubkan…..

    dan membuat saya terkesima…!!!!

  21. iin sadeli said, on August 30, 2010 at 11:35 pm

    subhanallah,,,
    mwrinding ampe berair mau nangis saya bacanya…-

  22. Rima said, on December 1, 2010 at 9:03 pm

    Subhanallah.

  23. tedy said, on February 14, 2011 at 9:08 am

    subhanallah

  24. Satria said, on March 10, 2011 at 5:08 pm

    Allahu Akbar..
    Maha Besar Allah..

  25. achmad wardani said, on April 14, 2011 at 1:22 pm

    maha suci allah dengan segala Firman nya smoga kita sebagai kaum muslim senang tiasa mengingat akan kebesarannya dan benar lah apa yang disampaikan oleh para nabi dan rasulnya tapi menagapa kita masih kurang yakin akan bukti-bukti yang nyata dengan teknologi orang -orang kafir mereka tidak bisa mengelak lagi bahwa bulan dulu benar-benar terbelah dengan kuasa allah yang di berikan kepada baginda nabi besar muhammad saw yang di perintahkan dengan telunjuk nya maka tiba-tiba bulan terbelah pada 1400 tahun yang lalu hal hal ini baru bisa di buktikan dengan teknologi sekarang yang menghabiskan dana 100 juta dolar pada hal, semuanya itu udah di ceritakan dalam al quran yang suci lagi agung nah bagaimana mungkin mereka masih kurang percaya tentang agama islam dan al quran sabagai kitab yang suci masih banyak lagi hal hal yang di ceritakan yang banyak terbukti dengan teknologi masa kini ,salah satunya cerita tetang mati nya raja fir aun yang tenggelam di laut merah orang-orang kafir baru percaya bahwa raja firaun mati tenggelam dengan penelitian pulahan tahun maha suci allah dengan segala firmannya

  26. Donn Niey said, on July 26, 2011 at 8:04 am

    subhanallah..

  27. krusz said, on October 4, 2011 at 3:49 pm

    riwayat tersebut sangat jelas akan kedahsyattanya,,dan semestinya dpt mendj satu power kekuatan BESAR tk KITA semua, sehingga BESAR nya Kekuattan dan KEJAYAAN Islam
    dpt membuktikan kembali di mata orang-orang ( ” YAHUDI )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 260 other followers

%d bloggers like this: