Welcome to Abdul Malik Ikhsan's Blog

setting classpath java bermasalah

Posted in Tutorial Java by samsonasik on March 2, 2007

saya pernah coba set path dan classpath java
set path=c:\program files\java\jdk1.5.0_01\bin;
set classpath=c:\program files\java\jdk1.5.0_01\lib;
setelah dijalankan hasilnya seperti ini :
Exception in thread “main” java.lang.NoClassDefFoundError: com/sun/tools/javac/M
ain
=============
saya dikasih tahu teman saya, katanya set classpath-nya harus diganti menjadi:
set classpath=.\;c:\program files\java\jdk1.5.0_01\lib; dan bisa, saya sendiri masih belum donk, untuk apa .\  itu?tapi yg jls, dengan cara ini bisa jalan.

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. gue said, on November 7, 2007 at 7:08 am

    Nah gue coba ternyata gak masalah kalau kita
    manggil nya “java myapp”
    jangan “java myapp.class”

    tanpa classpath jg bisa

  2. blubukzz said, on March 7, 2009 at 10:42 am

    untuk apa .\ itu?
    mungkin ini http://java.sun.com/javase/6/docs/technotes/tools/windows/classpath.html bisa membantu 🙂

    salam kenal.

  3. Ahmad Muzakki said, on December 20, 2011 at 10:42 am

    karena itu untuk mengenali class java di tempat direktori sekarang gan, kalo g disertakan pasti keluar ClassNotFoundError karena class yang akan anda eksekusi itu g dikenali


Leave a Reply

