Welcome to Abdul Malik Ikhsan's Blog

objektivitas yang subjektif

Posted in kehidupan by samsonasik on April 4, 2007

Bagi anda yang bergelut dengan sejarah, tentu tidak akan asing lagi dengan kata objektivitas yang subjektif, itu berlaku dalam melihat suatu sosok di masa lalu, tentang baik dan buruknya, tetapi bagaimana ketika hal itu diimplementasikan dalam dunia profesi? Kita kadang menjadi serba salah, serba ga enak, tapi apalah daya, itu yang harus dijalani, contoh persoalan seperti ini :
di kampus saya , saya menjadi asisten dosen, dan anehnya, setelah saya menjadi asisten dosen, orang-orang yang dulunya bersifat acuh terhadap saya, menjadi baik dan mau menyapa, saya tidak tahu kenapa, nah, hal riil yang membuat bingung dan ga enak hati adalah kejadian hari senin kemarin, ketika itu saya ng-asistenin Client Server, sehari sebelumnya, beberapa praktikan minta diajari tentang mata kuliah tersebut, dan saya ajari sebisa dan semampu saya, sampai malam pula, nah, pada saat hari -H-nya, ternyata mereka kebingungan dengan soal yang berbeda, dan mereka menyeret-nyeret saya pas ujian, saya kan mau nggak ngasih tahu gimana, mau ngasih tahu, kan ujian…,ya akhirnya saya kasih tahu, tapi dikit, walhasil, mereka habis itu, marah-marah, malah ada yang bilang, “Dasar asisten pelit, sama tetangga aja kaya’ gitu !!!”, saya sudah berbuat sebisa mungkin untuk profesional, tapi ga tahu ya, kok jadi begini, jadinya hubungan saya dengan praktikan itu2-pun jadi tidak harmonis, –
—————————————-
hal lain terjadi ketika saya mempunyai teman dekat, nah, pas ujian, saya tidak terlalu membantu buat dia, dan dia ga tahu, sampai sekarang, mengacuhkan saya,…
—————————————-
tapi jangan salah lho ya, saya juga punya teman dekat, tetangga UKM, pas dia ujian, dia ng-asih tahu temennya, dan aku ngomong sama dia, “eh, mau dapat nilai ga? kalau mau, ga usah kasih tahu yang lain!!!”, dan dia pun profesional, tidak marah…, ah senangnya jika semua seperti itu…
—————————————–

Leave a Reply

