Welcome to Abdul Malik Ikhsan's Blog

Membuat Library sendiri di Zend 1.8.4

Posted in Tutorial PHP by samsonasik on July 24, 2009

Kadang, karena kebutuhan yg tidak terbatas, kebutuhan akan library yang disediakan framework saja tidaklah cukup, maka dari itu, kita perlu membuat library sendiri untuk keperluan2 kita,bisa dengan cara extends library yang ada, bisa juga buat dari awal, yang sebaiknya tidak dilakukan adalah mengubah core library yang ada. Berikut saya paparkan satu contoh sederhana.

Library yang kita buat harus didaftarkan dalam object autoloader di public/index.php, contoh

<?php
......
 require_once 'Zend/Loader/Autoloader.php';
 $autoloader = Zend_Loader_Autoloader::getInstance();
 $autoloader->registerNamespace('samsonlibrary_');
......
?>

Kita bisa meletakkan library di bawah folder library/
Kita buat folder bernama (contoh) samsonlibrary , nah, di dalamnya baru kita buat file2 kita sendiri, misal : Convertdate.php
Nah, penamaan kelasnya adalah namaNamespace.”_”.namaFile, sebagai contoh, berarti nama kelasnya samsonlibrary_Convertdate :

<?php
class samsonlibrary_Convertdate
{
 private $bulan = array(
 '01'=>'Januari',
 '02'=>'Februari',
 '03'=>'Maret',
 '04'=>'April',
 '05'=>'Mei',
 '06'=>'Juni',
 '07'=>'Juli',
 '08'=>'Agustus',
 '09'=>'September',
 '10'=>'Oktober',
 '11'=>'November',
 '12'=>'Desember'
 );

 //konstruktor...
 public function samsonlibrary_Convertdate(){ }

 public function toIndonesian($date)
 {
 $explodeDate = explode("-",$date);
 $strDate     .= $explodeDate[2];
 foreach($this->bulan as $key=>$bul)
 {
 if ($key==$explodeDate[1]){
 $strDate .=" ".$bul;
 break;
 }
 }
 $strDate .= " ".$explodeDate[0];

 return $strDate;
 }

}
?>

Sekarang, tinggal pakai aja :

<?php
 $date = new samsonlibrary_Convertdate();
 echo $date->toIndonesian('2009-01-17');
 //output : 17 Januari 2009
?>

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Menangani error mysql command line : ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)

Posted in mysql docs, tips and tricks by samsonasik on July 6, 2009

Pernahkah anda pas ngerun mysql di command line mengalami error seperti ini ?

errormysql

Nah, cara mengatasinya adalah membuat ‘link’ ke file /var/run/mysqld/mysqld.sock, caranya :

mysqlhandling

Dan klakson pun beralih fungsi ?

Posted in kehidupan by samsonasik on July 5, 2009

Ceritanya, pada malam kamis kemarin, saya dan teman2 saya berkunjung  ke tempat dosen saya yg lagi sakit. Kami berkendara naik  motor, saya sama temen saya andri. Pas lagi nungguin salah satu temen kami yang lagi menyusul dari simpang jalan (pas lagi berhenti), ada bunyi klakson yang keras sekali dari belakang. Eh, ternyata klakson itu berasal dari angkot yang ada di belakang saya. Seketika waktu itu, saya menyadari bahwa posisi saya agak kurang kepinggir, lalu saya kepinggir. Eeeeh, ternyata klakson masih dibunyikan oleh sang sopir angkot, Lhoh, saya balik badan, (hendak marah ceritanya neh 😀 ), terus teman saya, andri, bilang, “Sekarang mah, klakson udah berubah fungsi san, buat nyari penumpang, bukan buat memperingatkan orang yg ada di depannya”. Weleh2, batin saya…