Welcome to Abdul Malik Ikhsan's Blog

PHP 5.3 session.save_path

Posted in tips and tricks, Tutorial PHP by samsonasik on October 29, 2009

PHP 5.3 memang aneh bin ajaib, walaupun banyak sekali menuai kritik karena banyak mengangkat deprecated function, tapi tetap aja banyak pula yang tertarik karena fitur2 nya yg luar biasa, lihat PHP 5.3.0 Release Announcement . Karena ketertarikan itu pula-lah, banyak yg mencoba meng-kick hal-hal yang mengganggu itu, salah satu di antara-nya adalah saya (wkwkwk…).

Kemarin ceritanya, saya mencoba php 5.3 untuk Zend Framework. Nah, pas pakai session, ternyata ada masalah, masalahnya adalah halaman menjadi blank, tanpa respon apapun. Dug…, saya langsung panik, gmn neh…, nah, setelah itu saya cari2 tahu dengan mendebug line demi line (karena sebelumnya saya tidak tahu bahwa letak kesalahannya berada pada Zend_Session_Namespace). Nah, ternyata ketemu, permasalahannya ada di baris setelah instansiasi kelas Zend_Session_Namespace. Saya langsung cari tahu di Google , nah, ketemu, cara mengakalinya dengan mendefinisikan secara eksplisit session.save_path di php.ini, misal

;;;;
session.save_path = "/tmp"
;;;;

Pastikan directory tujuan bersifat writable agar bisa ditulisi.
Selamat mencoba :).

Leave a Reply

